TAIFIB Marinir dan US Marine Force Gelar Latihan Tactical Combat di Pondok Cabe, Tangerang

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 07 Mei 2024 14:00 WIB

TAIFIB Marinir dan US Marine Force Gelar Latihan Tactical Combat di Pondok Cabe, Tangerang

i

Foto: Dok TNI AL, Pasmar 1/ARTIK.ID

JAKARTA | ARTIK.ID -  Batalyon Intai Amfibi Marinir (Taifib) dan United States (US) Marine Forces Pacific (MARFORPAC) First Marine Expeditionary Force (I MEF) 1st Reconnaissance Battalion yang tergabung dalam Latma Reconex 24 melakukan latihan Tactical Combat Casualty Care (TCCC) di Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Jakarta, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (07/05/2024).

TCCC atau Pertolongan  Taktis  Korban  Tempur  adalah serangkaian  tindakan  yang  dilakukan  untuk  menolong korban tempur agar terhindar dari kematian dan mencegah jatuhnya korban lain/lebih banyak. TCCC bukan hanya berfokus pada penanganan medis tapi juga pada pengamanan, penilaian situasi dan resiko.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Danyontaifib 1 Mar) Mayor Marinir Laili Nugroho, M.Tr.Opsla., mengatakan tujuan dari latihan TCCC  adalah untuk melatih prajurit bagaimana menangani korban pertempuran secara efektif sambil mencegah korban tambahan dan tetap fokus dalam menyelesaikan misi.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

“TCCC dibagi menjadi tiga fase perawatan, antara lain Care Under Fire (CUF), Tactical Field Care (TFC), dan Tactical Evacuation Care (TACEVAC). TCCC sangat efektif dalam pertempuran, terutama menyelamatkan korban di medan perang, sehingga mental prajurit akan tetap terjaga dan fokus dalam penyelesaian misi”, Ungkap Danyon Taifib 1 Marinir.

(red)

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "TAIFIB Marinir dan US Marine Force Gelar Latihan Tactical Combat di Pondok Cabe, Tangerang". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU