Erdogan: Tidak Ada Pemenang dan Pecundang dalam Upaya Perdamaian Ukraina

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 18 Sep 2023 16:55 WIB

Erdogan: Tidak Ada Pemenang dan Pecundang dalam Upaya Perdamaian Ukraina

i

Erdogan: Tidak Ada Pemenang dan Pecundang dalam Upaya Perdamaian Ukraina

JAKARTA | ARTIK.ID - Tidak ada pihak yang dirugikan dalam hal perdamaian di Ukraina, kata-kata itu diungkapkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Komite Pengarah Nasional Amerika Turki di New York.

“Kami telah mencapai banyak keberhasilan diplomatik. Percaya bahwa tidak ada pemenang perang, dan pecundang dalam sebuah upaya perdamaian, kami melanjutkan upaya kami dengan cara yang beragam,” kata Erdogan dalam pidato yang diposting di Gedung Kepresidenan Turki.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam pidatonya, pemimpin Turki tersebut juga menekankan peran Ankara yang semakin penting dalam menyelesaikan krisis regional dan global.

Erdogan telah berulang kali mengatakan bahwa Ankara ingin membawa Moskow dan Kiev kembali ke Istanbul untuk melakukan pembicaraan.

Kedua belah pihak terakhir kali mengadakan perundingan pada Maret 2022, namun kesepakatan yang dicapai di sana digagalkan oleh Ukraina.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Erdogan juga memberi isyarat bahwa negaranya siap menjadi tuan rumah perundingan antara pemimpin Rusia dan Ukraina.

Sebelum kunjungan Erdogan ke Rusia pada tanggal 4 September, diplomat tinggi Turki Hakan Fidan membahas upaya perdamaian dengan rekan-rekannya dari Ukraina dan Rusia di Kiev dan Moskow.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(siap)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Erdogan: Tidak Ada Pemenang dan Pecundang dalam Upaya Perdamaian Ukraina". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU