Bertemu Biden di Gedung Putih, Zelensky Kembali Mengemis Bantuan

author awsnews.id

- Pewarta

Jumat, 22 Sep 2023 18:10 WIB

Bertemu Biden di Gedung Putih, Zelensky Kembali Mengemis Bantuan

i

Ukrainian President Vladimir Zelensky and US President Joe Biden © Doug Mills/The New York Times via AP, Pool

JAKARTA | ARTIK.ID - Layanan pers dari Ukraina, selama pembicaraan di Gedung Putih melaporkan, Presiden AS Joe Biden dan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky membahas pemulihan sektor energi dan ekonomi Ukraina, perjuangan Kiev melawan korupsi, serta kerja sama antara kompleks industri militer AS dan Ukraina.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina dalam jangka panjang, termasuk melalui kemitraan dengan basis industri pertahanan Ukraina. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah konferensi pada musim gugur ini yang mempertemukan industri pertahanan AS, para pemimpin bisnis Ukraina, dan para pemimpin bisnis Ukraina. dan pejabat dari kedua pemerintahan untuk menjajaki opsi untuk usaha patungan dan produksi bersama,” kata Gedung Putih.

Menurut laporan tersebut, para pemimpin juga membahas dukungan AS terhadap sektor energi dan pemulihan ekonomi Ukraina.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

“Mereka berbicara tentang upaya untuk meningkatkan kapasitas pembangkitan dan transmisi energi, dan menyambut baik penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan pemerintah mereka untuk memperkuat ketahanan energi Ukraina,” kata layanan pers tersebut.

Para pemimpin juga menyinggung masalah korupsi di Ukraina. Presiden Zelensky menyampaikan rencananya untuk memberantas korupsi di Ukraina.

Sedangkan Biden menggarisbawahi pentingnya lembaga anti-korupsi yang kuat dan independen secara politik, termasuk Biro Anti-Korupsi Nasional Ukraina, Jaksa Khusus Anti-Korupsi, dan Pengadilan Tinggi Anti-Korupsi.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Selain itu, para pemimpin Amerika dan Ukraina membahas serangan balasan Ukraina yang sedang berlangsung. Biden menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat akan terus mendukung Ukraina selama diperlukan dan akan meminta pertanggungjawaban Rusia atas kejahatan yang dilakukan Ukraina.

Presiden Biden menyambut baik upaya diplomatik Presiden Zelensky yang sedang berlangsung untuk mendapatkan dukungan global demi perdamaian yang adil dan abadi.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Bertemu Biden di Gedung Putih, Zelensky Kembali Mengemis Bantuan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU