Nasdem Yakin, Hengkangnya Demokrat dari Koalisi Tak Berpengaruh

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 24 Sep 2023 17:25 WIB

Nasdem Yakin, Hengkangnya Demokrat dari Koalisi Tak Berpengaruh

i

artik. doc

Dalam dunia politik, perubahan koalisi partai-partai pendukung calon presiden dan wakil presiden adalah hal yang biasa terjadi. Namun, keputusan Partai Demokrat untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto cukup menarik perhatian publik.

Menurut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), alasan utama Demokrat bergabung dengan Prabowo adalah karena merasa tidak dihargai oleh Anies Baswedan. AHY mengatakan bahwa Anies tidak mengikuti kesepakatan awal yang menyatakan bahwa Demokrat akan mendapatkan posisi cawapres.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Namun, Anies akhirnya memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai pasangannya. AHY menilai bahwa ini adalah bentuk pengkhianatan dan pengingkaran janji oleh Anies. Oleh karena itu, Demokrat memutuskan untuk mencabut dukungan kepada Anies dan memberikannya kepada Prabowo.

Sementara itu, dari pihak Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Ketua DPW NasDem Sumatera Utara Iskandar menganggap bahwa kepergian Demokrat tidak akan berpengaruh signifikan terhadap elektabilitas Anies Baswedan.

"Kehadiran Cak Imin sebagai cawapres justru akan menambah daya tarik Anies di mata masyarakat," kata Iskandar.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Iskandar juga menegaskan bahwa masyarakat akan memilih berdasarkan figur capres dan cawapres, bukan berdasarkan jumlah partai pengusung.

Menurutnya, Prabowo Subianto tidak akan otomatis menang hanya karena didukung oleh banyak partai. Iskandar yakin bahwa Anies Baswedan memiliki kualitas dan visi yang lebih baik daripada Prabowo.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Nasdem Yakin, Hengkangnya Demokrat dari Koalisi Tak Berpengaruh". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU