Permudah Layanan Publik, Adi Dukung Langkah Pemkot Beri Anggaran Operasional bagi Balai RW

awsnews.id
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono ketika bertemu para tokoh kampung dan warga di kawasan Rungkut Jaya, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Ringkut, Minggu (8/10/2023) malam.

Parlementaria, Surabaya - Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono ingin ada penguatan kampung dalam pembangunan, seperti pengoptimalan balai pertemuan/balai rukun warga (RW) untuk kegiatan masyarakat.

Adi mengatakan, balai-balai RW di Surabaya perlu difungsikan untuk mempermudah pelayanan publik oleh aparatur Pemerintah Kota Surabaya.

Baca juga: Massa Aksi Sesalkan Pemkot Surabaya Tutup Mata Aspirasi Warga Citraland Tolak Pembangunan Logos

“Agar pelayanan semakin mendekat dengan warga, semakin terjangkau dan mudah,” kata Adi Sutarwijono dalam keterangannya di Surabaya, Senin (9/10/2023).

Harapan itu sering dia tekankan saat bertemu warga Surabaya, seperti ketika bertemu para tokoh kampung dan warga di kawasan Rungkut Jaya, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Ringkut, Minggu (8/10/2023) malam.

Untuk itu, ungkapnya, DPRD Surabaya mendukung langkah Wali Kota Eri Cahyadi dan Pemkot Surabaya untuk memberikan anggaran operasional bagi balai-balai RW yang menjadi pusat kegiatan masyarakat, termasuk pelayanan publik.

Bantuan operasional dari Pemkot tersebut, untuk pembayaran listrik dan air, dan lain-lain, sehingga mengurangi beban pembiayaan yang selama ini ditanggung kampung.

“Pemberian bantuan biaya operasional Balai RW mulai Desember 2023 dan sepanjang tahun anggaran 2024,” beber Cak Awi, sapaan akrabnya.

Pria yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya itu juga menjelaskan, lewat dana kelurahan, pembangunan Kota Pahlawan terus diperkuat di kampung-kampung, termasuk pembangunan Balai RW Rungkut Jaya.

Baca juga: Partai Politik Apresiasi Kinerja Eri-Armuji di Surabaya, PDIP?

“Lewat dana kelurahan, kami terus benahi pembangunan di kampung-kampung sehingga menjadi lingkungan yang nyaman bagi warga kampung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW Rungkut Jaya Illyas mengatakan Balai RW selama ini menjadi pusat kegiatan pendidikan anak usia dini, karang taruna, taman baca, posyandu, kegiatan warga lanjut usia seperti senam dan kesehatan, aktivitas pelayanan warga dan pertemuan tokoh-tokoh dan pengurus kampung.

Menurutnya, Balai RW di Rungkut Jaya memiliki area yang cukup luas, sehingga ada lapangan untuk olahraga, dan kegiatan out door, seperti senam lansia.

Beberapa waktu lalu, ada edukasi dan pelatihan penanganan api dalam latihan pemadam kebakaran dari petugas Damkar.

Baca juga: Adi Sutarwijono Pimpin Halal Bi Halal DPRD Surabaya Pasca Idul Fitri

Dengan jadwal kegiatan yang padat, warga mengusulkan agar diupayakan penambahan ruangan di balai pertemuan itu.

Pada pertemuan itu, Cak Awi juga bertemu dengan sejumlah pemuda tergabung dalam Karang Taruna dan menanyakan upaya-upaya peningkatan wisata di kawasan mangrove. (Par03)

Sumber : Web DPD PDI Perjuangan Jatim

Artikel ini telah tayang sebelumnya di parlementaria.id dengan judul "Permudah Layanan Publik, Adi Dukung Langkah Pemkot Beri Anggaran Operasional bagi Balai RW". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru