Bawaslu Surabaya Minta Panwascam Rekrut PTPS Yang Tangguh Awasi Pemilu 2024

awsnews.id
Anggota Bawaslu Kota Surabaya, Kordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Teguh Suasono Widodo

Parlementaria Surabaya - Anggota Bawaslu Kota Surabaya, Kordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Teguh Suasono Widodo menyatakan, sesuai arahan Bawaslu RI proses pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) melalui tahapan proses yang tepat dan efisien.

Selain itu, menurut Teguh, PTPS memegang peran krusial sebagai garda terdepan yang mengawasi pemilu, khususnya pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) sebagai inti dari pelaksanaan pemilu.

Baca juga: Massa Aksi Sesalkan Pemkot Surabaya Tutup Mata Aspirasi Warga Citraland Tolak Pembangunan Logos

"Tungsura menjadi hal sangat penting. Sehingga peran PTPS sangat krusial. Dengan kinerja yang singkat, maka Bawaslu Surabaya akan memerlukan kader terbaik yang akan mengawasi Pemilu 2024," jelasnya saat di hubungi melalui gawainya, Rabu (13/12/2023).

Teguh menambahkan, PTPS menjadi sentral pengawasan pemilu. Karena, saat tungsura yang menjadi tempat konsultasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

"Melalui evaluasi Pemilu - pemilu sebelumnya, PTPS ini menjadi tempat konsultasi saat di TPS. Oleh sebab itu, Bawaslu Surabaya akan rekrutmen untuk mencari PTPS yang mampu bekerja dengan baik untuk mencegah pelanggaran," imbuhnya.

Baca juga: Partai Politik Apresiasi Kinerja Eri-Armuji di Surabaya, PDIP?

Sementara itu, proses perekrutan PTPS terbantu dengan adanya regulasi terbaru. "PTPS yang awalnya syarat 25 tahun sekarang diturunkan menjadi 21 tahun,bahkan apabila tak ada bisa di bawah 21 tahun dengan minimal usia 17 tahun dengan mengikuti ketentuan," tuturnya.

Kemudian, dalam perekrutan PTPS. Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang melakukan perekrutan. Dengan super visi dari Bawaslu Kota Surabaya.

"Panwascam nanti yang akan melakukan perekrutan. Dengan membentuk PTPS yang tangguh dan setelah rekrutmen bisa segera bekerja," ungkap alumnus UNIBRAW Malang tersebut.

Baca juga: Adi Sutarwijono Pimpin Halal Bi Halal DPRD Surabaya Pasca Idul Fitri

"Setelah perekrutan, PTPS bakal mendapatkan pembekalan pada Januari 2024," pungkasnya. (@p)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di parlementaria.id dengan judul "Bawaslu Surabaya Minta Panwascam Rekrut PTPS Yang Tangguh Awasi Pemilu 2024". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru