Penyelewengan Dana Hibah Di Pemkab Gayo Lues, Alamp Aksi Gelar Tuntutan Kejati Banda Aceh

awsnews.id
Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (Alamp Aksi) saat menggelar demo di depan kantor Kejaksaan Tinggi Banda Aceh. (Foto: dok/rakyatjelata.com)

BANDA ACEH I rakyatjelata.com-Menggelar orasi di depan kantor Kejaksaan tinggi (Kejati) Aceh, Senin (22/1/2024). Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (Alamp Aksi) menyuarakan aksi tuntutan indikasi penyelewengan dana hibah di lingkungan Kabupaten Gayo Lues, Banda Aceh, serta penyertaan PDAM Tirta Sejuk tahun anggaran 2019.

Alamp Aksi menyoroti kurangnya respon dan tindak lanjut dan rekomendasi laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) oleh Pemkab Gayo Lues.

Baca juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya

Koordinator aksi di lapangan Mahmud Padang mengungkapkan, dari hasil temuan kasbon sebesar 15,2 milliar yang belum dikembalikan kepada negara kejanggalan ini menjadi praktek korupsi berjamaah.

"Sejak diterimanya LPH dalam waktu 60 hari, juga merealisaikan," ujar Mahmud.

Selain itu adanya dana hibah penyertaan modal sebesar 1 milliar yang diberikan kepada PDAM Tirta Sejuk juga menjadi sorotan penyelewengan.

Baca juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu

Pendemo mendesak Kejaksaan Tinggi Aceh untuk segera usut tuntas kasbon negara yang belum dikembalikan oleh Pemkab Gayo Lues.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan, pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, pada pasal 20 disebutkan bahwa pejabat wajib menindak lanjuti rekomendasi laporan hasil pemeriksaan BPK RI. Berdasarkan UU tersebut, tenggang waktu yang diberikan untuk menindaklanjuti rekomendasi temuan BPK RI itu dalam waktu 60 hari. 

Baca juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

Sementara itu kehadiran pendemo juga dihadiri Kasi Penerangan Hukum Kejati Aceh, Ali Rasab. Ia berjanji Kejati Aceh akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. "Tuntutan adek-adek sudah saya terima dan akan disampaikan kepada pimpinan, insyaallah Kejati Aceh siap menindaklanjuti kasus ini," tetangnya.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "Penyelewengan Dana Hibah Di Pemkab Gayo Lues, Alamp Aksi Gelar Tuntutan Kejati Banda Aceh". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru