Minat Masyarakat Terhadap Ekonomi Syariah di Jawa Timur Terus Meluas

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 02 Okt 2023 08:00 WIB

Minat Masyarakat Terhadap Ekonomi Syariah di Jawa Timur Terus Meluas

i

Minat Masyarakat Terhadap Ekonomi Syariah di Jawa Timur Terus Meluas

SURABAYA,rakyatjelata.com - Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur memastikan minat masyarakat terhadap Ekonomi Syariah di Jawa Timur akan terus meluas setelah adanya Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2023.

Terbukti selama tiga hari digelarnya FESyar yakni dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya jumlah pengunjung tercatat 163.940 baik melalui offline maupun virtual melalui Tautan FESyar jawa.com, YouTube,dan kanal Instagram.

Baca Juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya

 

Kegiatan inipun telah resmiditutup pada Minggu ( 1/10/2023 ) Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Doddy Zulverdi yang diwakili oleh Rizki E Wimanda selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

 

Dalam sambutannya Rizki menegaskan, tingginya jumlah pengunjung menandakan minat masyarakat terhadap ekonomi syariah yang terus meluas.

Rizki E Wimanda juga menyampaikan bahwa partisipasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Syariah pada Gelaran FESyar Regional Jawa 2023 tersebut juga mengalami peningkatan secara signifikan.

 

Dirinya menyebut pada gelaran festival tahun 2023 ini terdapat 200 UMKM Syariah yang berpartisipasi secara virtual dan 150 UMKM secara offline.

 

"Untuk transaksi penjualan produk UMKM secara online dan offline tercatat 3,03 miliar. Ini terhitung sejak dimulai Road to FESyar pada bulan Maret 2023," katanya.

 

Baca Juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu

Ia menegaskan, pencapaian tersebut juga didukung adanya pelaksanaan premium showcasing dan perluasan jangkauan pasar melalui Digitalisasi.

 

Rizki menambahkan,bahwa pelaku UMKM dalam FESyar Regional Jawa 2023 serta para pengunjung yang mengikuti Busines Matching meningkat.

 

Terlihat dari pelaksanaannya enam puluh sesi konsultasi, baik secara offline dan online dari sisi pembiayaan produktif,penjualan UMKM syariah di Jawa, serta business matching dengan bayer potensial baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Baca Juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

Pada FESyar Regional Jawa tahun ini, Pihaknya mengapresiasi seluruh Lembaga pembiayaan mitra Busines Matching yang berkomitmen melakukan konsultasi serta mendorong pengembangan Ekosistem Syariah diantaranya 8 Perbankan Syariah,15 Lembaga Ziswa dan 1 Bintek Syariah.

 

Tidak lupa dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh kantor perwakilan bank indonesia di Regional Jawa atas partsipasi dan dukungan dalam penyelenggaraan kegiatan FESyar Regional Jawa 2023.

 

Juga kepada  penggiat ekonomi Syariah serta seluruh mitra kerja terkait dengan pengembangan ekosistem ekonomi Syariah di wilayah Jawa Timur khususnya atas partisipasinya demi mensukseskan ajang Akbar ini.(Id@)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "Minat Masyarakat Terhadap Ekonomi Syariah di Jawa Timur Terus Meluas". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU