Batik Khas Surabaya Yang Sangat Diminati

author awsnews.id

- Pewarta

Jumat, 27 Okt 2023 14:40 WIB

Batik Khas Surabaya Yang Sangat Diminati

i

Batik Khas Surabaya Yang Sangat Diminati

SURABAYA I rakyatjelata.com-Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati mengatakan, bahwa saat ini persebaran batik Surabaya sudah ada di semua wilayah Kota Pahlawan. Ia juga menyebutkan Kota Surabaya terus mendongkrak dan mempromosikan produk-produk UMKM Salah satu di antara produk UMKM tersebut adalah batik khas Surabaya yang juga tersedia di Sentra Kriya Gallery (SKG), Jum'at (27/10/2023).

"Bahkan kita juga sering mengadakan pelatihan-pelatihan untuk batik ini," kata Dewi Soeriyawati, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya

Menurut Dewi, batik khas Surabaya memiliki peminat yang sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan pemesanan batik khas Surabaya yang sampai harus dibatasi.

"Iya itu Pemesanan sampai dibatasi, karena banyak juga batik Surabaya yang dibeli wisatawan untuk oleh-oleh. Ada juga hotel-hotel ambil pemesanan," ujar Dewi.

Selain itu ada terdapat enam motif batik Surabaya yang telah dipatenkan. Keenam motif batik itu adalah Batik Remo Suroboyoan, Batik Sparkling, Batik Abhi Boyo, Batik Gembili Wonokromo, Batik Kembang Bungur dan Batik Kintir-kintiran.

Baca Juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu

Nah, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk mempromosikan batik adalah melalui event dan pameran. Yang terbaru, pemkot bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggandeng desainer Gita Orlin membawa batik Surabaya ke ajang Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF).

Gelaran fashion show skala internasional tersebut, berlangsung selama lima hari pada tanggal 25 - 29 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Baca Juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

Dewi menyatakan, bahwa gelaran IN2MF menjadi ajang untuk memperkenalkan batik Surabaya di kancah nasional maupun internasional. Melalui ajang tersebut, diharapkan UMKM khususnya batik Surabaya bisa lebih naik kelas.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "Batik Khas Surabaya Yang Sangat Diminati". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU