TKW Asal Surabaya Menangis Ratapi Nasibnya Di Disnakertrans Jatim.

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 28 Okt 2023 03:40 WIB

TKW Asal Surabaya Menangis Ratapi Nasibnya Di Disnakertrans Jatim.

i

TKW Asal Surabaya Menangis Ratapi Nasibnya Di Disnakertrans Jatim.

SURABAYA | rakyatjelata.com - Menilik persoalan tenaga kerja yang berada di luar negeri masih banyak terjadi. Seorang wanita asal Surabaya mengalami trauma yang sangat dalam akibat dirinya di deportasi oleh pemerintah Malaysia. Dalih bekerja di negeri jiran menjadi impian wanita ini untuk mendapatkan hasil atau upah yang besar supaya dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Tetapi apa yang di dapat, wanita ini masuk ke dalam jaringan penyalur tenaga kerja Indonesia tak berijin. Perjanjian kerja yang di harapannya tak pernah di terimanya selama dirinya berada di Malaysia.seperti kisah yang satu ini seorang tenaga kerja wanita yang mengalami nasib kurang beruntung karena dipulangkan tanpa diberikan haknya oleh PT Perwita Nusaraya serta agensi Malaysia, kini berharap penuh untuk mendapatkan ending penyelesaian ke Disnakertrans Jawa Timur. 


Melihat hal itu, LSM GARAD mengambil langkah untuk melaporkan ke pihak Disnakertrans Jatim. Menurutnya persoalan ini bukan main main, sehingga perlu adanya treatment khusus untuk mengurainya. 
Usai berkirim surat ke pihak Disnaker, LSM GARAD mendapat panggilan untuk audiensi di Kantor Disnakertrans jatim bersama korban dan suaminya pada Jumat, 27 Oktober 2023 Pukul 14.00 wib di tempat rapat 1 gedung Disnakertrans Jatim. 

Baca Juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya


Dalam proses audensi ini sempat terjadi diskusi yang panjang sehingga permasalahan yang di alami Dewi Harian (38Th) seakan terasa sulit dan berat. Dirinya masih belum bisa bernafas lega, mengingat bahwa perkaranya tergolong kasus Deportasi. 
"Masih campur aduk pikiran saya, soalnya tadi hanya yang diberi penjelasan dengan PT Perwita Nusaraya." Ujar Dewi di kantor Disnakertrans Jatim. Jum'at (27/10/2023).


Kadisnakertrans Jatim Dr Himawan Estu Subagijo menjelaskan, "Persoalan ini bukan hanya di sini saja, masih banyak kasus seperti ini, padahal pemerintah sudah tak kurang kurang memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar berhati hati memilih agensi. Jika terjadi Deportasi mereka pasti mengembalikan melalui Menteri Luar Negeri lalu di kirim ke Provinsi asal mereka. Sesampainya di provinsi maka di lanjutkan memulangkan ke kota masing masing." Ucap Himawan. 


Bagi Ahmad GARAD memang secara substansi persoalan ini sangat kompleks. Perlu adanya penanganan secara serius dari semua elemen. Menurutnya jika perusahaan penyalur yang berijin saja bisa bobol apalagi yang tidak berijin. Tentu hal ini sangat perlu di perhatikan agar tidak terjadi terus menerus kasus seperti ini. 


"Dewi memberi kuasa kepada saya untuk mendampingi agar Hak nya yang seharusnya di dapatkan saat bekerja di Singapore dan Malaysia dapat terselesaikan. Perkara hubungan kerja yang di alami klien saya ada 2 persoalan. Yang pertama pada tahun 2014 melalui PT PERWITA NUSARAYA dengan penempatan kerja di Singapore tetapi berujung di pulangkan tanpa membawa hasil apa apa. Lalu yang kedua terjadi lagi di Malaysia, yang kedua ini melalui penyalur ilegal, di sini klien kami di pulangkan karena di Deportasi. masalahnya otoritas yang di miliki Disnakertrans Jatim terbatas. Untuk melacak sampai ke luar negeri sangatlah sulit. Pak Kadis berjanji kepada kami akan mencoba mencarikan solusinya untuk menyelesaikan sisa haknya dan mengembalikan buku nikahnya serta berkas lainnya yang di rasa perlu. Mungkin 2 permintaan tersebut dapat segera di realisasi oleh Disnakertrans Jatim dalam waktu dekat." Paparnya. 

Baca Juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu


Dari hasil audiensi tersebut Himawan berjanji akan mencoba memberikan jawaban dalam waktu sebulan kedepan agar keinginan yang di butuhkan Dewi dapat terealisasi.


"Mohon kami di berikan waktu ya" Pungkasnya. (Ki/Red) 

 

Baca Juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "TKW Asal Surabaya Menangis Ratapi Nasibnya Di Disnakertrans Jatim.". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU