Deasainer Faldo Andreo Raih 10 Penghargaan Desain Arsitektur Dari 6 Negara

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 29 Okt 2023 12:30 WIB

Deasainer Faldo Andreo Raih 10 Penghargaan Desain Arsitektur Dari 6 Negara

i

Desainer Faldo Andreo asal Surabaya yang pernah mendapatkan 10 penghargaan baru di tahun 2023

SURABAYA  | rakyatjelata.com - Desainer Faldo Andreo asal Surabaya yang pernah mendapatkan 5 penghargaan arsitektur dunia 5 tahun silam kembali membanggakan Indonesia dengan 10 penghargaan baru di tahun 2023. Penghargaan tersebut ia dapatkan dalam bidang desain arsitektur dari 6 negara yang berbeda, yaitu; Singapura, Paris - Perancis, Italia, Seoul - Korea Selatan, Helsinki - Finlandia dan Luzern - Switzerland.

Rekor tersebut sekaligus menjadikannya salah satu anak bangsa yang telah dianugerahi penghargaan tingkat internasional terbanyak dalam bidang arsitektur, dengan total 15 penghargaan saat ini dari total 7 negara. Tak tanggung-tanggung, bahkan beberapa pencapaiannya dinyatakan oleh dewan juri sebagai yang terbaik, seperti; 2023 Best Commercial Building Architecture Design di tingkat Asia dan Golden Novum Design Award 2023 dengan skor penilaian di atas 90 yang ditinjau dalam seluruh aspek.

Baca Juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya

Penghargaan tersebut diserahkan langsung dalam puncak acara malam anugerah dan karpet merah yang diadakan oleh masing-masing (organisasi) negara. Dalam tingkatan Asia, piala dan sertifikat sebagai pemenang gedung arsitektur komersil terbaik, diserahkan langsung oleh Mr. Tan Quee Peng dari RSP Architects sebagai perwakilan dewan juri di malam anugerah Asia Architecture Design Awards yang diselenggarakan pada bulan Agustus di Ballroom Marina Bay Sands. Karya desain arsitektur dari Faldo Andreo juga dipamerkan pada Hall of Fame di Marina Bay Sands Convention and Expo di Singapura. Selanjutnya di bulan oktober, upacara pemenang penghargaan K Design Award dilakukan di gedung ballroom Four Seasons Hotel Seoul. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Ken NAH dari Hongik University yang selanjutnya diikuti dengan penyerahan sertifikat.

Sertifikat penghargaan kepada Faldo Andreo diserahkan dua kali untuk 2 karya yg berbeda oleh Prof. Sunah Kim dari Kumoh Institute of Technology dan Deokhee Jeong selaku Chief Designer dari Adaptation (founder dari Tangram Design Lab yang telah diakuisisi oleh Kakao).

Baca Juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu

Karya dari Faldo Andreo mendapat komentar positif dari beberapa juri ternama, termasuk; Prof. Shingo Ando dari Jepang (Kyoto Arts and Crafts University) dan Kyunghoon Kim dari JUNGLIM Architecture (arsitek Korea di balik Starfield Library di Kota Seoul). Undangan malam penghargaan dari negara lainnya juga telah diterima oleh Faldo, yang belum semuanya dapat dihadiri seperti Paris Design Awards 2023 di Espace Niemeyer, Built Design Awards 2023 di KKL Luzern, Switzerland dan lainnya.

Setelah melalui proses penyisihan dan eliminasi panjang yang dilakukan oleh dewan juri, berikut pencapaian Faldo Andreo di antara ribuan perusahaan desain dari puluhan negara di tahun ini, yaitu; Golden Novum Design Award 2023 in Architecture Category, Silver Novum Design Award 2023 in Architecture Category, K-Design Award Winner in Space Category (Architecture - Victory Chapel), K-Design Award Winner in Space Category (Architecture - Marsa HQ), Asia Architecture Design Award’s 2023 Best Commercial Building Architecture Design, 2023 DNA Paris Design Award Honorable Mention in Architecture - Commercial & Offices, BLT Built Design Awards 2023 Winner in Architecture Design - Spiritual & Religious, BLT Built Design Awards 2023 Honorable Mention in Architecture (Victory Chapel), BLT Built Design Awards 2023 Honorable Mention in Architecture (Marsa Headquarter) dan International Architecture Design Award 2023 Silver Winner in Professional Category.

Baca Juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

Tentu pencapaian ini tidak mudah untuk ia didapatkan. Faldo memerlukan perjuangan dan kemauan tinggi agar dapat bersaing dan sejajar di tingkat dunia. Sebagai contoh, ditinjau dari pengumuman resmi para pemenang lainnya di bidang arsitektur pada BLT Design Awards tahun 2023 ini, adalah Kengo Kuma & Associates, Perkins&Will dari USA dan sebagainya (yang di tahun sebelumnya juga diikuti oleh Zaha Hadid Architects). Sedangkan pada Novum Design Awards 2023, terdapat perusahaan besar seperti Aedas dan Kris Lin International Design. Pada sesi wawancara pasca penobatan pemenang di Singapura, Faldo mengungkapkan bahwa karya desain arsitektur yang baik adalah layaknya sebuah seni yang dapat bercerita secara visual dan inilah yang membuat karyanya menjadi sorotan dewan juri. Ia juga berharap bahwa kesuksesan pencapaian tersebut agar dapat menjadi inspirasi para pelaku desain di Indonesia dalam berprestasi di kancah dunia dan mengharumkan nama bangsa. (*/id@)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "Deasainer Faldo Andreo Raih 10 Penghargaan Desain Arsitektur Dari 6 Negara". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU