Komunitas Media KPK: Perangi Hoax dan Kampanye Hitam di Tahun Politik

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 25 Nov 2023 17:15 WIB

Komunitas Media KPK: Perangi Hoax dan Kampanye Hitam di Tahun Politik

i

Komunitas Media KPK: Perangi Hoax dan Kampanye Hitam di Tahun Politik

Surabaya - Berita Hoax dan Kampanye hitam bisa sering muncul menjelang pemilihan Umum (Pemilu), tak terkecuali bisa muncul di pemilu 2024 ini, sehingga harus dihindari karena dampaknya sungguh berbahaya.

“Dampak yang ditimbulkan adanya berita hoaks akan sangat luar biasa antara lain berupa dampak sosial, ekonomi, politik, keamanan, dan yang lebih besar adalah bisa mengancam keutuhan negara,”Kata Komunitas Media KPK Surabaya. Sabtu (25/11/2023)

Baca Juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya

Ia menjelaskan, karena sesungguhnya Berita hoaks, dibuat dengan tujuan mengadu domba antar kelompok sehingga menimbulkan kebencian dan permusuhan. Meruntut sejarah, berita hoaks sudah ada sejak zaman dahulu.

Cara penyebarannya juga telah berevolusi semakin canggih. Oleh sebab itu, wartawan sebagai saringan pertama dari setiap informasi yang beredar diharapkan tidak terpeleset termakan hoaks.

Baca Juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu

“Ketika wartawannya termakan hoaks maka berbahaya. Informasi yang disebarkan juga akan salah. Maka perlu double cek dan ricek. Apalagi di era digital sekarang”jelasnya

Selain hoaks, Lanjutnya,kampanye hitam juga harus dihindari. Kampanye yang sejatinya hanya mempromosikan calon jangan sampai dinodai dengan menjelekan calon lain dengan berita bohong. (Arh)

Baca Juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "Komunitas Media KPK: Perangi Hoax dan Kampanye Hitam di Tahun Politik". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU