Ditahun 2023 Sebanyak 3.059 PJU Dan PJL Telah Selesai Di Kerjakan Oleh PKP Cipta Karya Bojonegoro

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 10 Jan 2024 16:25 WIB

Ditahun 2023 Sebanyak 3.059 PJU Dan PJL Telah Selesai Di Kerjakan Oleh PKP Cipta Karya Bojonegoro

i

Ditahun 2023 Sebanyak 3.059 PJU Dan PJL Telah Selesai Di Kerjakan Oleh PKP Cipta Karya Bojonegoro

Bojonegoro - Sebanyak 3.939 titik ruas jalan di Bojonegoro, Jawa Timur sepanjang tahun 2023 telah dipasang lampu penerang jalan umum (PJU) dan penerangan jalan lingkungan (PJL). Anggaran pemasangan PJU dan PJL tersebut mencapai Rp 76 miliar.

Kabid PJU dan Pemilharaan Sarpras Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karya (DPKPCK) Bojonegoro, Sarifuddin menegaskan rincian pemasangan penerangan ini meliputi, PJU sebanyak 1.077 titik, PJL sebanyak 2.862 di ruas jalan Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya

"Anggaran PJL yaitu sebesar Rp 7.5 juta dan menggunakan lampu LED 30 watt. Sementara, untuk PJU di setiap titik anggarannya sebesar Rp 14 juta dan menggunakan lampu LED sebesar 90 watt," ungkap pria Kelahiran Tulungagung.

Lanjut Saifuddin, saat ini Penerangan Jalan Umum (PJU) di Bojonegoro mulai beralih ke smart system. Smart system ini merupakan sistem yang memonitor mengatur lampu-lampu penerangan jalan umum (PJU) dalam satu lokasi tertentu secara nirkabel.

"Sehingga dapat dilakukan monitoring dari handphone atau laptop menggunakan aplikasi khusus. Jika ada kerusakan langsung terdeteksi sehingga bisa segera ditangani tim teknis," ujarnya.

Baca Juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu

Keunggulan dari sistem ini agar dapat dimonitor di mana dan kapan saja, namun terobosan ini masih diutamakan di area perkotaan sebagai penerapan smart city. Kerusakan juga terlihat pada sistem di bagian mananya, sehingga penanganan lebih cepat.

Pengendalian switch on-off juga bisa terjangkau lebih cepat. Sehingga lebih efisien dan efektif, smart system PJU ini masih didahulukan di wilayah perkotaan.

Baca Juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

"Misi Pemda adanya penerangan jalan diharapakan dapat menambah ekonomi masyarakat ke depan. Dahulu gelap saat beraktivitas, dengan adanya penerangan jalan bisa menambah ekonomi dan mengurangi angka kejahatan," harapnya (Ar)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "Ditahun 2023 Sebanyak 3.059 PJU Dan PJL Telah Selesai Di Kerjakan Oleh PKP Cipta Karya Bojonegoro". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU