LSM F12 Desak PT Pertamina Ep Untuk Perhatikan Warga Sukamulya Terdampak Ekplorasi dan Ekploitasi

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 20 Apr 2024 16:15 WIB

LSM F12 Desak PT Pertamina Ep Untuk Perhatikan Warga Sukamulya Terdampak Ekplorasi dan Ekploitasi

i

LSM F12 Desak PT Pertamina Ep Untuk Perhatikan Warga Sukamulya Terdampak Ekplorasi dan Ekploitasi

KARAWANG | rakyatjelata.com-PT Pertamina Ep berdiri tahun 2005 yang merupakan usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi, perusahaan migas dengan memiliki kegiatan inti industri hulu yakni meliputi eksplorasi, eksploitasi serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil dari kegiatan eksploitasi.

PT Pertamina Ep juga merupakan perusahaan energi yang kepemilikan sahamnya 100% dimiliki oleh negara melalui Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham. Kegiatan ekplorasi dan eksploitasi Pertamina tidak jarang menimbulkan sengkarut persoalan yang kontra produktif dengan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Asrilia Kurniati Maju Pilwali Surabaya Lewat Jalur Independen, Begini Program Ekonominya

H Ade Hidayat Ketua Umum LSM F12 saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (20/4/2024) mengatakan Desa Sukamulya dan Langgensari Kecamatan Cilamaya kulon Kabupaten Karawang salah satu lokasi kegiatan Hulu Pertamina dalam melakukan ekspolrasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi.

"Lokasi C02 dan C05 sampai saat ini ada sekitar 150 KK masyarakat Desa Sukamulya terdampak," terangnya.

Baca Juga: Spucak Batu Sejuta Pohon Untuk Catcment Area Kota Batu

Dan masyarakat terdapat adalah C05 50 KK yang C 02 100 kk, ,C02 dusun Pulo Luntas yang C05 Pulo citra dusun pasirkukun, dan kemitraan PT Pertamina Ep seolah olah tutup mata tidak memperhatikan dampak lingkungan nya.

"Pertamina selaku badan usaha milik negara seharusnya memiliki manajemen pengendalian dampak lingkungan yang profesional. Sehingga deteksi dini atas hal yang tidak diinginkan yang dimungkinkan dapat terjadi bisa segera diantisipasi dengan segera," ungkap Ade.

Baca Juga: FPN Bersama Wali Kota Batu, Audensi Bahas Program SPUNCAK BATU

"Karena desa Sukamulya sebagai jantung kecamatan Cilamaya kulon sudah dikelilingi pipa PT Pertamina Ep. Kami atas nama LSM F12 akan terus mendesak PT Pertamina Ep dan mengawal haknya masyarakat desa Sukamulya dan sekitarnya," tutupnya.  (@di)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di rakyatjelata.com dengan judul "LSM F12 Desak PT Pertamina Ep Untuk Perhatikan Warga Sukamulya Terdampak Ekplorasi dan Ekploitasi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU